Sabtu, 16 Desember 2017

NONTON FILM - LOVELY MAN (2011)

NONTON FILM - LOVELY MAN (2011), awal cerita, Lovely Man sebenarnya tak terlalu ambil pusing dengan konteks sosial yang melingkupi kedua protagonis. Penonton dibiarkan dengan prasangka dan pendapatnya sendiri-sendiri (kalau ada) tentang Islam dan waria. Tidak ada pernyataan maupun penjelasan lebih lanjut perihal kedua kelompok dalam film. Konflik cerita juga tidak didesain untuk menjelajahi relasi dan eksistensi kedua kelompok, tapi permasalahan keberlangsungan hidup masing-masing karakter.
Cahaya dan Syaiful menjadi perenungan atas modus kebersamaan kita sebagai manusia. Lovely Man menempatkan atribut masing-masing protagonis sebagai perwakilan dari perbedaan yang ada dalam kehidupan bersama. Namun, pembuat film tidak meniatkan relasi Cahaya dan Syaiful untuk pembedahan yang meluas, tapi mendalam. Cakupannya personal, bukan sosial. Terlihat bagaimana sepanjang film kamera lebih berfokus pada Cahaya dan Syaiful. Lanskap ibu kota yang gegap gempita dikaburkan menjadi kerlingan lampu belaka. Dengan begini, pembuat film mengajak penonton untuk memperhatikan gestur keduanya. Abaikan dunia di luar sana. Dunia kecil di antara Cahaya dan Syaiful jauh lebih menarik.




PEMERANFILM : Donny Damara, Raihaanun, Yayu A.W. Unru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NONTON FILM- CRITICAL ELEVEN (2017)

NONTON FILM- CRITICAL ELEVEN (2017),   film yang diangkat dari sebuah novel yang best seller hasil karya dari Ika Natassa dengan judul yang ...